Jumat, 01 Juni 2012

Sensasi Sehat Mandi Air Dingin


Apakah Anda memiliki kebiasaan mandi dengan air hangat? Coba ubah kebiasaan ini dengan mandi air dingin. Selain lebih segar, guyuran air dingin juga bermanfaat bagi kesehatan. 

Guyuran air dingin mampu memberikan sentuhan relaksasi yang efektif meredakan stres. Guyuran air dingin juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah cedera usai olahraga, bahkan mengontrol kadar asam urat. 

Agar tak lagi ragu memutar keran air dingin, kenali manfaat lainnya, seperti dikutip Times of India. 

Kesuburan pria
Sejumlah penelitian telah membuktikan efek buruk mandi air hangat untuk kesehatan sperma. Hantaran panas yang menyentuh testis berpotensi mengurangi produksi sperma. Demi menjaga kesehatan reproduksi pasangan, ajak pasangan selalu mandi air dingin. 

Membuang racun
Sentuhan air dingin yang menerpa kulit akan membuat pembuluh darah di bawahnya berkontraksi. Kontraksi ini akan menghasilkan tekanan darah yang tak hanya melancarkan sirkulasi darah, tapi juga bermanfaat membuang racun dalam tubuh. 

Mengurangi nyeri
Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri kronis, nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, meningkatkan fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan kulit edema, dan mengatur sistem saraf otonomik.

Meningkatkan kekebalan
Mandi air dingin membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan daya tahan tubuh melalui pelepasan sel darah putih.

Kecantikan
Mandi air dingin membantu menjaga kelembaban tubuh. Tak hanya mempertahankan kesehatan kulit, tapi juga keindahan rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar