Sabtu, 21 April 2012

Ternyata, 8 Makanan Ini Bisa Disimpan dalam Freezer

BAHAN makanan tergolong mudah rusak bila tidak disimpan pada tempat dan cara yang benar. Freezer menjadi salah satu sarana penyimpanan terbaik bahan makanan.

Simak beberapa makanan yang bisa disimpan dalam freezer, seperti dilansir Reader Digest, berikut ini:

Roti

Roti lebih baik disimpan dalam keadaan beku dalam freezer ketimbang dibiarkan di ruangan terbuka. Sebelum dibekukan, buang bagian pinggiran roti yang mencair lebih cepat. Setelah itu, roti bisa langsung dipanggang dalam keadaan beku.
Untuk masa penyimpanan bisa bervariasi sesuai jenis roti. Roti cokelat dan putih buatan sendiri bisa bertahan enam bulan, roti berbentuk datar bisa tahan empat bulan, susu, buah, dan roti gandum bisa bertahan tiga bulan. Sementara, roti yang memiliki pinggiran renyah bisa bertahan dua pekan karena setelah itu pinggiran roti akan mencair.

Tepung roti

Tepung roti bisa disimpan dalam freezer hingga tiga bulan. Bila akan digunakan, blender tepung roti dan siap digunakan untuk berbagai olahan.

Buah dan sayuran

Kedua bahan ini bisa disimpan dalam freezer tanpa mengurangi kandungan vitaminnya. Buah dan sayuran dengan cepat mencair, dalam arti bisa langsung dimasak atau dikonsumsi saat masih beku. Sayuran beku bisa disimpan sampai setahun, buah bisa 6-8 bulan, sementara buah yang dikemas dalam sirup maupun gula cair bisa 9-12 bulan.

Udang dan kerang

Udang dan kerang mentah bisa diolah dari kondisi beku, begitupun ikan fillet. Menyimpan ikan beku harus disesuaikan dengan tanggal kadaluwarsanya; ikan mentah segar bisa tahan tiga bulan sedangkan ikan mengandung minyak bisa tahan dua bulan.

Bumbu herbal

Bahan herbal juga bisa dibekukan dan dikemas ke dalam wadah pembeku atau ditaruh dalam tas dalam proses penyimpanannya. Bila disimpan dengan benar, herbal bisa bertahan hingga enam bulan.

Pasta

Pasta mentah maupun sudah dalam bentuk olahan bisa langsung dimasak dalam keadaan beku, hanya butuh saus sederhana sebagai topping-nya. Dengan cara ini, pasta bisa disimpan dalam freezer sampai sebulan.

Keju parut

Keju parut bisa digunakan dari kondisi beku untuk saus atau topping pada pizza dan casserole. Dalam freezer, keju parut bisa tahan hingga enam bulan.

Lemon, jeruk parut

Kulit jeruk lemon parut bisa memberikan aroma dan rasa berbeda pada masakan maupun kue sehingga Anda tidak perlu repot menyiapkannya jika sewaktu-waktu butuh. Ketahanannya bisa sampai setahun. Anda juga bisa membekukan air perasan jeruk lemon ke dalam cetakan balok es di freezer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar