Selasa, 24 April 2012

Sudah Diet Tapi Tak Langsing? Ini Pemicunya

Frustasi dengan berbagai program diet pelangsingan berat badan yang selalu gagal? Anda mungkin telah melakukan kesalahan dalam diet yang membuat lemak tubuh enggan luruh.

Ada sejumlah pemahaman mengenai diet yang sebenarnya tidak lagi cocok dipraktikkan. Agar program diet pelangsingan tubuh tak gagal, hindari kesalahan berikut, seperti dikutip Times of India.

1. Enam makanan kecil setiap hari
Ide menyantap makanan kecil sebanyak enam kali untuk mengurangi rasa lapar adalah perangkap. Heather Leady, Ph.D, asisten profesor fisiologi gizi di University of Missouri, mengatakan, “Kami tidak bilang makan tiga kali sehari itu adalah cara yang terbaik. Namun, mengonsumsi makanan-makanan kecil tidak lagi bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan.”

Cara memperbaikinya: Buatlah daftar makanan yang harus dimakan dan jangan melenceng dari rencana Anda sebelumnya.

2. Dressing salad berlebihan
Orang-orang sering menambahkan piring salad mereka dengan saus mayones, keju tabur, potongan daging merah, dan banyak garam. Pada akhirnya, Anda lebih banyak mengonsumsi lemak ketimbang kandungan sehat dari sayur-sayuran itu.

Cara memperbaikinya: Jika salad Anda terlihat kurang menarik, Anda dapat menghiasinya dengan paprika berwarna cerah. Penggunaan saus rendah lemak mungkin bisa menolong, karena mereka memiliki lebih sedikit garam dan gula. Selain itu, Anda bisa menambahkan cuka balsamik.

3. Terlalu banyak pengganti nutrisi
Beberapa pelatih fitnes dan ahli gizi menyarankan agar menghindari camilan berenergi dan protein shake. Terlepas iming-iming meningkatkan energi instan, makanan-makanan ini justru memiliki tingkat konsentrasi gula dan karbohidrat yang tinggi. 

Cara memperbaikinya: Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan alami seperti almond, wortel, jeruk, dan buah lainnya untuk memuaskan rasa lapar serta memberikan energi yang tepat.

4. Mengonsumsi minuman diet
Penelitian menunjukkan bahwa minuman diet tidak akan berbuat banyak untuk menurunkan berat badan. Anda mungkin merasa kalau Anda menghemat kalori, tapi para ahli percaya minuman diet dapat membuat hasrat makan lebih tinggi. Sebuah studi juga menemukan bahwa diet soda terlalu banyak selama sepekan dapat menyebabkan obesitas, stroke, dan masalah jantung.

Cara memperbaikinya: Ganti minuman ini dengan teh hijau yang kaya akan antioksidan dan fitonutrien. Jangan lupa, jus sayuran atau segelas susu dingin yang rendah lemak.

5. Target yang tidak realistis
Banyak yang terobsesi menurunkan berat badan secepat mungkin dengan cara-cara ekstrem. Padahal, menurunkan berat badan harus melalui proses. Penurunan berat badan yang aman adalah sekitar 0,5 kilogram per pekan. Artinya, dalam sebulan maksimal turun sekitar dua kilogram. 

Cara memperbaikinya: Beri diri Anda waktu untuk tidak melakukan hal-hal yang memberatkan dan menyantap makanan tanpa mengabaikan kebutuhan nutrisi tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar