Kamis, 10 Mei 2012

Anggur Merah Tunda Penuaan


o3n0k.jpg
INGIN awet muda? Mengonsumsi segelas anggur merah alias red wine setiap hari mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Sebuah penelitian mengungkapkan, resveratrol yang terdapat pada red wine bisa mencegah penuaan.

Penelitian yang dimotori oleh ahli genetika dari Harvard Medical School di Boston ini sudah diujicobakan kepada tikus. Resveratrol yang diberikan pada jaringan otot tikus dengan gen SIRT1 normal ternyata terbukti efektif meningkatkan fungsi mitokondria.
 
Mitokondria ini sangat dibutuhkan sebagai sumber energi oleh sel-sel dalam tubuh.
Dalam penelitian sebelumnya telah diungkap bahwa penurunan produksi energi mitokondria bisa berdampak pada munculnya berbagai penyakit, antara lain penuaan dini, diabetes, dan penyakit alzheimer, serta proses penuaan itu sendiri, kata penulis senior studi David Sinclair, seorang profesor genetika di Harvard Medical School di Boston.
 
“Ya, resveratrol ditemukan dalam kulit buah anggur merah. Tapi, jumlah yang kami berikan kepada tikus dalam percobaan sangat banyak. Hampir setara dengan 100 gelas anggur merah per hari,” kata Sinclair.
 
Namun, bagi Sinclair, yang lebih penting dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan senyawa resveratrol sintetis yang bisa mengaktifkan SIRT1.

“Saat ini rekan-rekan saya sedang mengembangkan molekul yang lebih baik. Kita harapkan akan menjadi obat yang akan digunakan untuk mengobati penyakit penuaan. Namun, bukan untuk memperpanjang umur,” kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar