Senin, 07 Mei 2012

Menu Sarapan Penyebab Serangan Jantung


Setiap hari kita disuguhkan banyak makanan lezat. Tetapi, apakah Anda juga mempertimbangkan efeknya saat hendak mengonsumsinya? Jarang sekali, atau bahkan tidak.
Jangan hanya memanjakan lidah, minimal Anda harus memilih makanan yang dihidangkan. Seperti dilansir Fox News, bukan berarti jenis makanan yang tidak ada dalam daftar ini tidak boleh dikonsumsi.
- Selai kacang dan jeli atau Ham dan Swiss Sandwich
Pilihan: Selai kacang dan jeli
Mengonsumsi selai kacang sebanyak dua sendok makan ternyata menghasilkan 8 gram protein untuk tubuh sekaligus menjadi sumber tenaga.
Banyak yang masih menghindari kacang. Padahal, kacang justru meningkatkan kadar kolesterol baik serta mampu menghindari serangan jantung. Sementara itu, ham mempunyai kadar sodium tinggi, mengandung banyak keju yang menyebabkan kegemukan.
"Saat memilih selai kacang dan jeli untuk sarapan pagi, pilih dengan kadar gula rendah, yang menekan kalori dalam tubuh,” jelas Amy Jamieson Petonic, pembicara dalam acara Asosiasi Diet Amerika (ADA).
- Jus Apel atau Jus jeruk
Pilihan: Jus Jeruk
Saat harus memilih jus apel atau jeruk, jus jeruk tetap menjadi pilihan favorit. Sekitar 8 ons dari 100 persen jus jeruk murni memberikan 2 kali lipat jumlah vitamin C yang direkomendasikan oleh USDA untuk anak usia 1-13 tahun. Hal ini juga berlaku di jus apel, tapi jika dikonsumsi sebanyak enam kali dalam jumlah yang sama.
Hamburger atau Hot dog
Pilihan: Hamburger
Dibandingkan hot dog, hamburger memiliki lemak jenuh yang rendah. Kandungan dosis vitamin B dalam hamburger juga dapat menjaga daya tahan tubuh dan sistem syaraf. Tak hanya itu, hamburger juga menyimpan sumber protein yang baik (18 gram per tiga ons dari 95 persen, daging sapi tanpa lemak).
Dalam sebuah penelitian, lebih dari 37 ribu wanita ditemukan telah menderita penyakit diabetes tipe 2, karena telah mengonsumsi daging, seperti hot dog.
- Wortel atau Kacang Polong 
 Pilihan: Wortel
Meski kacang-kacangan baik untuk kesehatan, tetapi nutrisi wortel lebih banyak. Wortel juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, menghasilkan betakarotin dengan mengubahnya menjadi vitamin A. Selain itu, wortel bekerja ganda untuk menjaga kesehatan mata, menguatkan sistem kekebalan, serta baik untuk memelihara sel-sel dalam tubuh.
Kacang polong memang menawarkan serat dan folat yang berguna bagi tubuh. Tapi, dua nutrisi tersebut dapat menyebabkan serangan jantung dan kanker.
- Pizza Rasa Keju atau Keju Panggang 
Pilihan: Keju Panggang
Pada jenis makanan olahan apa pun, jika di dalamnya mengandung keju, ini merupakan sumber terbaik untuk kalsium dan protein. Keju panggang menjadi makanan yang biasa dibuat di rumah. Ini adalah kelebihannya. Anda dapat mengolahnya sesuai keinginan.
Pizza akan lebih baik jika dipadukan dengan sayuran, misalnya brokoli, ekstra tomat, ditambah dengan lada.
- Spageti atau Makaroni Keju
Pilihan: Spageti
Saus tomat pada spageti ternyata rendah lemak dan kalori dibandingkan keju pada makaroni. Hal ini jelas bahwa tomat mengandung lycopyne dan kaya akan antioksidan yang dapat menghindari Anda dari kanker dan serangan jantung.
Untuk menghindari risiko serangan jantung dan diabetes, gunakan pasta yang terbuat dari gandum, bukan dari tepung biasa. Pasta yang terbuat dari gandum juga memiliki rasa yang lebih kuat. Jadi, Anda dapat berhemat saus yang biasanya digunakan untuk makan bersama dengan pasta. Anda juga dapat mengganti saus tomat dengan daging giling. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar