Kamis, 17 Mei 2012

Kenali Ini, Bahan Berbahaya dalam Produk Perawatan Kulit


SELAIN mengutamakan kecantikan, Anda pun perlu mewaspadai kandungan bahan-bahan yang ada di dalam produk tersebut. Berikut ulasannya.

Wanita ingin ingin selalu terlihat cantik dan dapat menunda penuaan selama mungkin. Untuk itu, mereka membeli banyak produk perawatan kulit. Sayangnya, beberapa produk ternyata memiliki efek yang tidak baik jika dipakai karena mengandung bahan-bahan yang tidak efektif dan tidak aman. Ketahui bocorannya berikut ini, seperti dilansir Sheknows.

Kesalahan pada facial scrub

Facial scrub berguna untuk membersihkan wajah secara mendalam sampai ke bawah pori-pori kulit. Tekstur scrub yang kasar mengelupaskan kulit dan mengangkat sel kulit mati juga patut diwaspadai. Pasalnya, banyak produk scrub wajah mengandung partikel bergerigi, seperti aprikot dan biji kenari, yang tidak membersihkan kulit tapi justru menyebabkan luka kecil di wajah Anda. 

Bahkan, jika Anda tidak dapat melihat luka kecil itu, luka tersebut sebenarnya cukup besar untuk memungkinkan bakteri masuk ke dalam pori-pori dan menyebabkan kemerahan, peradangan dan cacat. Banyak orang yang menderita jerawat atau kulit sensitif menjadi korban scrub wajah.

Bahan-bahan yang membuat tua

Banyak scrub wajah, sabun, losion dan krim yang mengandung emulsifier. Pengemulsi adalah zat berbasis sabun yang mengikat bahan berbasis minyak dan air produk perawatan kulit sehingga Anda tidak perlu terus-menerus mengguncang produk kecantikan agar air dan minyak menyatu. 

Tapi, begitu minyak terserap ke dalam kulit dan air terserap atau menguap, pengemulsi tertinggal di permukaan kulit. Hal ini meninggalkan residu sabun yang akan membahayakan lapisan pelindung alami kulit Anda, menyebabkan kulit menjadi kering. Dan, kulit kering mengalami penuaan lebih cepat. Bahan yang menunjukkan adanya bahan pengemulsi meliputi emulsifying wax, polysorbate, stearate, steareth, cetearyl dan ceteareth.

Penyakit kanker

Produk sampingan dari emulsifier, 1,4-dioxane dapat menyebabkan kanker. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat menyebutkan bahwa 1,4-dioxane merupakan penyebab kanker pada manusia. Anda tidak akan dapat menemukan 1,4-dioxane tercantum sebagai bahan perawatan kulit produk, tetapi Anda dapat mencari kata-kata berikut yang menunjukkan keberadaannya:
• Polyethylene
• Polyethylene glycol, juga PEG
• Polyoxyethylene
• Setiap kata yang diakhiri dengan “-oxynol”
• Setiap kata yang diakhiri dengan “-eth” seperti ceteareth
• Paraben. Paraben yang digunakan untuk mengawetkan produk kecantikan dan bisa didaftarkan sebagai methylparaben, propylparaben, ethylparaben atau butylparaben, juga bisa membahayakan kesehatan Anda. Para dokter menyebut paraben sebagai “endokrin pengganggu”, yang berarti dapat mendatangkan malapetaka pada sistem hormon. Paraben telah ditemukan dalam sampel biopsi tumor payudara, yang menyebabkan beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa paraben dapat menyebabkan kanker payudara.

Praktek kecantikan yang aman

Dengan banyaknya bahan kimia berbahaya di berbagai produk perawatan kulit, sangat penting untuk melihat atau mengecek komposisi suatu produk sebelum Anda membelinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar