Kamis, 17 Mei 2012

Bebas Migrain dengan Langkah Ini

SERANGAN migrain yang datang mendadak bukan saja meruntuhkan stamina tapi juga menghambat aktivitas. Sebelum Anda merasakan serangan tersebut, lakukan langkah preventif berikut.

Migrain adalah penyakit umum bagi banyak orang. Masalah kesehatan ini dihadapi lebih dari 10 persen dari populasi dunia. Ada banyak cara untuk menyembuhkan migraine meski tidak bekerja secara permanen, salah satunya dengan melakukan kebiasaan sehat dalam keseharian Anda.

Diet yang baik dan sehat diyakini dapat menyembuhkan migrain secara alami. Sebaliknya, gaya atau kebiasaan hidup tidak sehat dapat memicu sakit kepala tersebut.

Berikut ini beberapa tip yang perlu diingat untuk menghindari serangan migraine, seperti dilansir Boldsky.

Makan tepat waktu

Melewatkan jam makan karena alasan apapun dapat memengaruhi kesehatan Anda dalam banyak cara. Terlebih bagi Anda yang memiliki migraine, tetapi sedang menjalani diet pada waktu yang bersamaan. Jika benar demikian, jangan pernah berpikir untuk melewatkan waktu makan karena tersebut tidak akan membantu Anda menghilangkan lemak tubuh yang ekstra. Justru, hal itu hanya akan mengakibatkan naiknya kadar gula darah Anda dan menyebabkan migrain.

Tingkat keasaman pada lambung jika telat makan juga memengaruhi otak dan menyebabkan sakit kepala. Untuk menghindarinya, makan tepat waktu dan teratur. Jangan melewatkan waktu makan atau makan terlalu sedikit.

Latihan

Tubuh yang sehat menghasilkan pikiran yang sehat. Untuk tetap fit dan aktif, Anda harus berolahraga secara teratur. Olahraga juga membantu menghindari serangan migrain. Hal ini dapat dibuktikan ketika Anda sedang stres. Segera atasi dengan berjalan-jalan, berenang atau berlatih yoga selama beberapa waktu. Hal tersebut tidak hanya mencegah stres menjadi sakit kepala, tetapi juga meminimalisir kemungkinan serangan migrain. Bahkan, olahraga dapat membuat Anda merasa segar kembali.

Tidur cukup

Terlalu banyak tidur atau kurang tidur akan memengaruhi tubuh Anda. Tidur yang cukup dapat menghindari sakit kepala migrain. Idealnya, orang dewasa sebaiknya tidur selama enam hingga tujuh jam dan tidak lebih dari sembilan jam sehari. Pertahankan jadwal tidur untuk hasil yang lebih baik.

Hentikan kebiasaan buruk

Merokok dan mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan serangan migrain. Sayangnya, banyak perokok yang meyakini bahwa sakit kepala dapat diredakan dengan merokok. Jika Anda berpikirkan seperti itu, baiknya pikirkan ulang. Pasalnya, nikotin tidak hanya menyebabkan radang di tenggorokan dan paru-paru, tetapi juga membuat Anda kecanduan untuk itu. Alkohol pun memiliki tyramine yang memicu migrain. Bila dikonsumsi berlebihan, alkohol dapat menyebabkan sakit kepala dan mabuk.

Istirahat

Budaya kerja yang profesional membuat serangan migrain lebih rentan terjadi. Bekerja non-stop tanpa istirahat, membuat Anda selalu berjibaku dengan stres. Jadi, kurangi tekanan pekerjaan Anda dengan pergi keluar untuk beberapa waktu.

Misalnya, Anda dapat lakukan rileksasi otak hanya dengan berbincang dengan rekan Anda selama satu atau dua menit, atau bersantai di kamar kecil selama lima menit. Kendati demikian, jangan sampai waktu istirahat merusak produktivitas kerja Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar