Selasa, 29 Mei 2012

Smartphone dan Lidah Mampu Deteksi Penyakit


Selama lebih dari 500 tahun, Pengobatan Tradisional Cina (TCM), telah diklaim dapat memprediksi kesehatan batin (zheng), hanya melalui lidah. Metode tradisional ini akan melihatkan keseimbangan aliran energi dan positf dalam tubuh.
Namun, di dunia modern, cara seperti ini tampak terlihat kuno. Apalagi dunia modern sangat identik dengan teknologi tinggi.
Menggabungkan praktik pengobatan kuno dengan teknologi canggih, mungkin terdengarimpossible. Tapi faktanya, para peneliti dari University of Missosuri telah menggembangkan perangakat lunak komputer yang memungkinkan pemakai dapat mendeteksi lidah, seperti yang dikutip dari Huffington Post.
Kehidupan manusia yang tek lepas dari gadget, membuat para peneliti juga akan menerapkan aplikasi ini juga akan diterapkan dalamsmartphone, sehingga Anda tidak perlu repot ke dokter atau sensei.
“Mengetahuo kalsifikasi zheng Anda dapat berfungsi sebagai pencegahan dan membantu pengobatan” ujar Dong Xu,  seorang penulis studi ini.
Aplikasi ponsel ini bertujuan untuk menganalisa warna lidah. Dalam kategori ini aka nada dua faktor yang diterapkan yaitu panas atau dingin.  Zheng panas dan dingin tidak akan langsung mengarah pada tubuh. Tetapi mengacu pada gejala yang berhubungan dengan keadaan tubuh.
Sejauh ini peneliti telah menguji aplikasi ini pada 263 pasien gastritis dan 48 orang sehat. Penasaran dengan bentuk lidah yang Anda miliki?
Pale lidah
Jika lidah Anda tampak bewarna krem dan pucat, tandanya Anda kekurangan zat besi. Jumlah yang tidak memadai dari hemoglobin menyebabkan lidah bewarna pucat.
Jerawat pada lidah
Bintik-bintik kecil pada lidah (biasanya pada bagian ujung lidah), menujukan bahwa diri Anda kekurangan vitamin C.
Warna ungu
Apabila warna lidah dari terang ke warna ungu , para ahli percaya ini bisa menjadi Anda terkena kolesterol tinggi. Warna ini terjadi karena kurangnya pasokan darah, sirkulasi yang buruk dan terlalu banyak gula dalam tubuh.
Lapisan putih
Meski lapisan putih pada lidah hal yang normal, penelitian telah menunjukan bahwa lapisan putih di atas lidah adalah salah satu tanda sariawan, serta infeksi jamur yang terjadi karena suhu lembab dalam tubuh.
Lidah kering
Lidah kering bisa menjadi pertanda dari pembengkakan kelenjar lidah. Di sinilah tempat produksi air liur, hal ini akan membuat mulut terasa kering.
Deteksi bentuk lidah
Gembung : defisiensi limpa
Tipis : kekurangan cairan tubuh
Meringkuk: ada masalah hati
Cekung pada bagian tengah: tanda dehidrasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar